Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet Sehat dan Alami

Posted on

Selain untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, banyak juga manfaat jeruk nipis untuk diet secara alami. Buah yang satu ini memiliki rasa yang masam, namun sangat segar saat dicampurkan dalam minuman. Dibalik rasanya yang menyegarkan tersebut jeruk nipis memiliki sejuta manfaat. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini ada banyak sekali metode diet alami yang bisa Kamu coba. Namun banyak juga kasus di mana orang yang melakukan diet alami tersebut tetap gagal menurunkan berat badannya. Salah satunya dikarenakan pemilihan minuman yang tidak sesuai yang tidak membantu menurunkan berat badan atau justru bisa merusak program diet tersebut. Nah, jeruk nipis ini adalah salah satu jenis buah yang bisa Kamu konsumsi dalam bentuk minuman yang sangat baik untuk program diet.

Berbagai Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

manfaat jeruk nipis untuk diet

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C bisa dikenali dengan rasanya yang masam. Hampir semua buah yang ada rasa masamnya pasti banyak  mengandung vitamin C. Buah ini juga kaya akan asam folat, nutrisi yang sangat penting untuk regenerasi sel. Selain itu jeruk nipis banyak mengandung flavanoid dan potassium. Berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis ini tentu saja banyak sekali manfaatnya. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari jeruk nipis untuk diet dan kesehatan tubuh? Berikut ini selengkapnya.

1. Membakar Lemak

Jeruk nipis mengandung asam sitrat (citric acid) yang merupakan zat anti oksidan. Asam sitrat inilah yang memberikan rasa masam pada buah-buahan. Zat asam ini dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi. Lemak tubuh yang tidak dimetabolisme akan menumpuk dan menambah berat badan. Selain asam sitrat, vitamin C juga sangat membantu membakar atau memetabolisme lemak tubuh. Jika saat melakukan program diet juga diimbangi olah raga dan minum jeruk nipis, hasilnya tentu akan optimal.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat jeruk nipis untuk diet berikutnya adalah memperlancar pencernaan. Kenapa memperlancar pencernaan penting untuk diet? Pada saat diet Kamu tentunya akan mengurangi konsumsi makanan dibanding hari-hari biasanya. Karena asupan makanan yang berkurang secara otomatis energi yang dimiliki tubuh akan berkurang. Dengan pencernaan yang lebih lancar dan efektif, nutrisi yang diserap tubuh akan lebih banyak sehingga meskipun mengurangi jumlah konsumsi makan Kamu tidak akan terlalu mudah capai.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Jeruk nipis mampu membantu menjaga kadar gula darah pada tubuh, yang mana ini sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan. Kadar gula darah yang berlebihan akan menyebabkan diabetes. Hal ini dilakukan jeruk nipis dengan cara mengurangi penyerapan gula darah dari makanan. Yang perlu Kamu ketahui adalah dengan berkurangnya serapan gula darah ini akan membuat rasa lapar berkurang. Hal ini tentunya akan memudahkan Kamu untuk menjalani diet, akan lebih mudah bagi Kamu untuk mengurangi porsi makan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat melakukan diet mungkin Kamu akan kekurangan nutrisi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Kamu. Nah, dengan mengonsumsi jeruk nipis ini, Kamu akan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Di mana vitamin C sendiri bermanfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Kamu akan lebih kuat terhadap serangan penyakit. Dengan demikian Kamu akan tetap fit selama melakukan program diet.

5. Mencegah Sembelit

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis mampu mengatasi sembelit. Asam sitrat mampu membersihkan bagian dalam sistem pencernaan, analoginya seperti asam yang mampu membersihkan kerak-kerak pada keramik. Selain itu jeruk nipis mampu membuat sistem pencernaan lebih aktif, yaitu pada gerakan peristaltik (gerakan mendorong makanan ke arah bawah). Jika Kamu mengalami sembelit atau konstipasi, cobalah minum jeruk nipis dalam jumlah berlebih dan ditambah sedikit garam.

6. Detokifikasi

Ketimbang Kamu harus melakukan detoks dengan obat kimia, mungkin Kamu perlu mencoba membuat minuman jeruk nipis. Kandungan nutrisi pada jeruk nipis mampu menetralisir racun-racun dalam tubuh. Anti oksidan yang terkandung mampu mencegah kanker dengan cara menetralisir radikal bebas. Biasanya untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk detoksifikasi ini dengan cara membuat infused water.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat kelima ini mungkin tidak terlalu berhubungan dengan diet dan kesehatan, namun sayang untuk dilewatkan. Jeruk nipis sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mampu mengurangi bau tubuh, baik dengan cara diminum atau diaplikasikan/dioleskan secara langsung pada kulit. Vitamin C dan kandungan Flavanoid, keduanya merupakan anti oksidan kuat, juga bermanfaat untuk antibiotik dan disinfektan atau anti kuman. Pada saat diaplikasikan secara langsung, jeruk nipis mampu membersihkan sel-sel kulit mati sehingga kulit selalu segar.

Bagaimana? Cukup banyak bukan manfaat jeruk nipis untuk diet dan kesehatan? Selain bisa memberikan efek positif seperti yang tadi sudah kami jelaskan, sebenarnya masih banyak lagi efek-efek positif dari jeruk nipis untuk tubuh, misalnya untuk mencegah diabetes karena mampu menjaga kadar gula darah, mencegah arthritis atau asam urat, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Membuat Minuman dari Jeruk Nipis untuk Diet

Setelah Kamu mengetahui berbagai manfaat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan dan juga untuk kesehatan secara keseluruhan, kami juga akan memberikan sedikit informasi kepada Kamu mengenai bagaimana cara membuat minuman dari jeruk nipis yang memiliki banyak manfaat. Cara membuatnya cukup mudah, Kamu bisa membuatnya menjadi infused water dengan dicampur buah-buahan lain atau cukup dengan membuat minuman jeruk nipis saja. Untuk infused water Kamu dapat membaca cara membuat infused water, dibahas secara lengkap dan mendetail.

Untuk membuat minuman jeruk nipis Kamu bisa membuatnya dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis ke dalam air hangat. Jangan menggunakan air panas karena akan merusak kandungan nutrisinya. Tambahkan sedikit gula supaya tidak terlalu masam, jika memungkinkan jangan menambahkan gula sama sekali. Kamu dapat menggunakan 1-2 buah jeruk nipis untuk sekali minum. Kamu juga bisa menggunakan air dingin untuk membuat minuman jeruk nipis ini, namun air dingin tidak disarankan untuk diet, jadi jangan terlalu sering.

Minumlah jeruk nipis secara teratur minimal sehari 2 kali untuk mendapatkan manfaatnya dalam berdiet. Saat tidak berdiet pun juga cocok untuk mengonsumsi jeruk nipis secara teratur karena banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagi penderita gangguan jantung, ginjal bermasalah, dan acid reflux atau asam lambung naik, hendaknya tidak mengonsumsi makanan/minuman yang mengandung asam nitrat, termasuk jeruk nipis ini. Konsultasikan dengan dokter jika memiliki masalah kesehatan dan ingin mengonsumsi jeruk nipis secara teratur.

Demikianlah artikel ini mengenai manfaat jeruk nipis untuk diet dan juga manfaatnya untuk kesehatan, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk Kamu. Terima kasih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *