Cara Mengobati Mata Bengkak yang Terasa Sakit

Posted on

Cara mengobati mata bengkak ada banyak metodenya, mulai dari menggunakan tetes mata, mentimun, lidah buaya, dan lain sebagainya. Mengobati sakit mata dengan hanya tetes mata kadang kcara mengobati mata bengkakurang efektif, apalagi jika sakitnya cukup parah, dan ini juga lebih efektif untuk sakit mata merah, bukan mata bengkak. Untuk mengobati mata bengkak justru akan lebih baik menggunakan cara alternatif, seperti dengan mentimun, lidah buaya, bisa juga dengan krim mata yang mengandung vitamin E. Ini akan kita bahas lebih lanjut dibawah.

Mata bengkak memang sangat menjengkelkan, bukan hanya sakit, panas atau pedih, namun biasanya juga akan mengganggu penampilan Kamu. Selain itu juga akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Kamu, apapun pekerjaan yang Kamu lakukan. Mata bengkak dapat disebabkan oleh berbagai hal, umumnya karena infeksi, trauma (terkena benda keras), dan karena alergi. Mata bengkak hendaknya segera diobati sebelum bertambah parah.

Cara Mengobati Mata Bengkak Ringan

Penanganan pertama untuk mengatasi rasa tidak nyaman karena mata bengkak ini sebenarnya tidak sulit. Untuk pertolongan pertama yang bisa Kamu lakukan di rumah, Kamu bisa cuci muka Kamu dengan air es. Setelah itu cobalah untuk banyak minum air putih, jangan diganti dengan soft drink, soda, atau minuman manis lainnya. Kemudian Kamu bisa menempelkan teh celup yang dibasahi air dingin pada kelopak mata yang bengkak. Rasakan kesegarannya dan cara ini dinilai cukup efektif untuk meredakan mata bengkak

Cara mengobati mata bengkak dan sakit yang lain bisa dicoba adalah dengan menggunakan krim mata yang mengandung vitamin E, Kamu dapat membelinya di apotek, oleskan pada sekeliling mata yang bengkak. Jangan lupa untuk membaca petunjuk pemakaian. Tentunya lidah buaya juga sanggup untuk membantu meredakan sakit mata bengkak. Vitamin dan nutrisi yang ada pada lidah buaya cocok untuk menyembuhkan sakit mata Kamu selain itu juga mampu memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh mata. Cara penggunaannya adalah potong daun lidah buaya, oleskan getahnya ke sekitar mata dengan tangan Kamu, jangan lupa untuk cuci tangan dulu sebelumnya, bisa juga menggunakan kain. Bila sudah mulai kering getahnya, Kamu dapat mengoleskannya lagi.

Kamu juga bisa memanfaatkan mentimun dan kentang. Potong kecil mentimun mentah atau kentang mentah, kemudian tempelkan pada kelopak mata Kamu yang bengkak selama beberapa waktu. Setelah itu lepaskan dan lakukan beberapa kali sampai mata bengkak Kamu mereda. Atau Kamu juga bisa menggunakan cara sendok logam yang didinginkan dalam lemari es, kemudian tempelkan sendok tersebut pada kelopak mata Kamu. Cara ini dipercaya bisa meredakan rasa sakit dan panas yang Kamu rasakan saat mata Kamu membengkak.

Untuk cara mengobati mata bengkak sebelah, Kamu dapat melakukan hal yang sama dengan yang telah diuraikan di atas, cukup lakukan pada bagian yang bengkak saja.

Khasiat Daun Sirih, Daun Sirsak, dan Kulit Manggis untuk Mata Bengkak

Saat Kamu mulai merasakan sakit, pedih atau panas saat mata Kamu mulai bengkak, Kamu harus bergegas mengobati bengkak tersebut agar segera mereda. Jika tidak, mungkin akan terjadi hal-hal lain yang lebih berbahaya karena pembengkakkan mata adalah salah satu gejala kerusakan jaringan mata. Nah, selain cara mengobati mata secara sederhana seperti yang tadi sudah dijelaskan, ternyata ada cara lain yaitu menggunakan khasiat daun sirih, daun sirsak, dan kulit manggis.

Khasiat daun sirih, daun sirsak, dan kulit manggis ini sebenarnya bisa digunakan untuk banyak manfaat kesehatan. Dan salah satunya adalah untuk cara mengobati mata bengkak. Daun sirih dan sirsak bisa membantu meredakan kelopak mata bengkak karena keduanya memiliki kandungan zat anti-peradangan, anti-inflamasi, anti-bakterial dan juga anti-virus yang bisa membantu meredakan rasa sakit, membunuh bakteri dan meredakan peradangan pada kasus kelopak mata bengkak. Kamu dapat merebus daunnya untuk kemudian diminum sedikit airnya, dan juga oleskan sedikit air hasil rebusannya di sekitar mata Kamu, lakukan beberapa kali sehari.

Kulit buah manggis mengandung senyawa yang bernama xanthone, sebuah senyawa yang diketahui mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan radikal bebas. Selain itu kandungan vitamin B1, B2, C, kalsium, potasium, sodium, dan juga zat besi dinilai cukup efektif untuk membantu meredakan kelopak mata bengkak. Namun demikian, tentu saja Kamu tidak bisa menggunakannya secara ‘mentah’, dan Kamu lebih disarankan untuk membeli obat-obatan herbal yang terbuat dari kulit buah manggis.

Berbagai Penyebab Kelopak Mata Bengkak

Di atas telah di bahas berbagai cara mengobati mata bengkak, lalu apa saja penyebab mata bengkak sehingga Kamu dapat melakukan pencegahan di kemudian hari? Kelopak mata bengkak juga disebut dengan istilah periorbital, dan gangguan mata tersebut biasanya terjadi karena terdapat cairan atau edema yang berlebih pada jaringan ikat di sekitar mata. Bagian mata yang paling sering terkena gangguan ini adalah di sekitar kelopak mata. Oleh karena itu gangguan mata ini juga sering disebut dengan kelopak mata bengkak.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mata bengkak, diantaranya trauma, infeksi, luka lain yang terjadi di sekitar mata. Dan perlu Kamu ketahui bahwa ternyata sebagian besar masalah yang menyebabkan peradangan pada mata tersebut akan berdampak pada bengkaknya kelopak mata, meskipun sebenarnya pembengkakkan kelopak mata lebih sering terjadi karena alergi. Saat seseorang alergi terhadap suatu hal, mata biasanya akan menjadi merah, gatal dan perlahan membengkak. Akibat dari pembengkakkan yang terjadi pada kelopak mata, Kamu bisa mengalami bengkak ringan bahkan ada juga yang sampai berpotensi mengancam indera pengelihatan Kamu.

Agar Kamu bisa lebih waspada dan mengetahui bagaimana cara mengobati mata bengkak, sebaiknya Kamu ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab utama terjadinya kelopak mata bengkak.

Yang pertama adalah alergi. Seperti yang tadi sudah dibahas di paragraf sebelumnya, alergi juga bisa membuat mata menjadi terasa gatal, pedih dan juga membengkak. Biasanya alergi terjadi saat sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan terhadap suatu zat asing yang disebut dengan istilah alergen. Penyebab alergi pada umumnya diantaranya debu, bulu hewan tertentu, pollen, obat tetes mata yang tidak cocok, lensa kontak, bahkan riasan wajah pun bisa memicu terjadinya alergi. Akibatnya mata akan menjadi bengkak, merah dan juga berair.

Selanjutnya ada masalah yang disebut konjungtivis atau mata merah muda. Gangguan mata mata ini terjadi karena peradangan pada konjungtiva, lapisan yang jelas dari permukaan mata. Gejala yang terjadi biasanya mata berair, merah dan terasa gatal. Selain itu ada juga istilah styes, sebuah benjolan kemerahan yang terjadi di tepi kelopak mata. Gangguan mata ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan juga peradangan yang terjadi pada kelenjar meibom.

Demikianlah artikel tentang cara mengobati mata bengkak dan juga berbagai penyebabnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Kamu.

 

Incoming search terms:

  • cara penggunaan daun sirih untuk mata bengkak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *