Begini Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Secara Alami

0
2
Begini Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Secara Alami

Herbaldaunteratai.comCara menghilangkan batuk berdahak. Banyak masyarakat berpikir mungkin dengan minum obat dari apotek atau dokter batuk berdahak akan cepat hilang. Dan biasanya juga penderita batuk membiarkan penyakitnya dan memiliki kepercayaan diri yang pastinya akan sembuh dengan sendirinya. Namun sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati batuk berdahak, termasuk dengan cara alami atau tradisional. Penggunaan bahan alami untuk mengobati batuk hampir tidak memiliki efek samping. Hal Ini juga mampu menghilangkan batuk dengan cepat.

Cara Menghilangkan Batuk Berdahak Secara Alami

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat umum dialami oleh masyarakat. Batuk disebabkan oleh berbagai faktor, batuk mulai disebabkan oleh suatu hal. Jika Anda mengalami batuk atau dahak yang berkepanjangan baik kering maupun berdahak, sebaiknya diwaspadai, bisa jadi gejala kanker tenggorokan atau bisa juga merupakan pertanda gangguan paru-paru, mungkin mengalami bronkitis atau lainnya.

Cara Menghilangkan Timbul Batuk Jadi Dengan Ramuan Tradisional

Meskipun penyakit seperti batuk berdahak merupakan penyakit ringan, namun penyakit ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari yang anda lakukan apabila batuk ini tidak kunjung sembuh dengan baik. Batuk berdahak bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti virus, infeksi paru-paru atau saluran pernafasan, penyakit paru-paru yang kronis, asam lambung meningkat, atau bisa juga disebabkan kebiasaan merokok. Menyembuhkan batuk berdahak dengan cara alami sebenarnya cukup efektif juga, tapi mungkin kehilangan prestise karena tidak ada iklan tentang obat tradisional sehingga sering dilupakan. Berikut beberapa cara untuk mengobati batuk berdahak sehingga wajar Anda bisa mencobanya.

Lemon

Mengkonsumsi lemon adalah cara untuk menghilangkan batuk berdahak secara alami dan cepat, kerja langsung menghilangkan dahak di tenggorokan. Kapur mungkin merupakan obat tradisional untuk menghilangkan batuk merupakan komunitas yang paling terkenal. Cara membuat ramuannya adalah dengan mencampur jus air lemon dengan madu dan air hangat. Perbandingan antara jus lemon, madu dan air adalah 1: 3: 5. Selain itu ada juga cara yang lebih mudah dan kurang merepotkan, yaitu dengan cara mencampur jus lemon dengan kecap. Cara ini juga cukup efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak sehingga pada anak-anak jika diminum dua kali sehari hanya dengan satu sendok teh.

Bintang Buah Wuluh

Bagi anda yang belum tahu apa itu buah belimbing wuluh, buah ini adalah buah berukuran kecil yang menyerupai buah belimbing, berwarna hijau dan rasanya sangat asam. Buah wuluh ini juga cukup efektif sebagai cara mengobati batuk berdahak sehingga pada anak-anak atau orang dewasa. Cara membuat ramuannya adalah buah wuluh buah dengan mencampur beberapa butir adas, sedikit gula dan secangkir air. Lalu rebus campurannya-campuran saringlah dan air ramuannya saat sudah mulai mendingin. Minumlah ramuan ini dua kali sehari sampai batuk dahak jadi anda sembuh.

Teh jahe

Hanya dengan membayangkan teh jahe anda pasti bisa membayangkan betapa hangat dan menikmati minuman ini. Irisan jahe yang direndam tipis ke dalam teh hangat cukup efektif untuk membantu mengatasi batuk berdahak. Ditambahkan sedikit madu sehingga tidak terlalu pahit (tidak ditambahkan saat masih teh masih panas). Usahakan tidak menambahkan gula karena akan memperburuk batuk anda. Sebaiknya Anda mengkonsumsi teh jahe dua kali sehari agar batuk berdahak sehingga Anda segera mereda.

Daun sirih

Cara menghilangkan batuk berdahak jadi selanjutnya adalah dengan daun sirih. Cara membuatnya adalah dengan merebus lima lembar daun sirih, cengkeh, cubeb, kapulaga dan kayu manis dengan dua gelas air putih. Tunggu sampai rebusan dikurangi setengah gelas air, saring dan minumlah tiga kali sehari satu sendok makan. Anda mungkin membayangkan ramuan daun sirih pasti terasa aneh. Tapi tak terbantahkan ramuan tradisional ini ternyata cukup efektif meredakan batuk berdahak begitu.

Kunyit

Selain itu ada safron yang sudah lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu ramuan herbal yang bisa dijadikan obat batuk alami. Cara membuat ramuan tradisional untuk batuk berdahak jadi ini dengan menumbuk kunyitnya lalu dicampur dengan madu ke dalam segelas susu hangat. Herb kunyit dievaluasi sebagai cara menghilangkan batuk yang cukup efektif.

Daun kemangi

Daun yang memiliki keharuman khas ternyata juga bisa menjadi obat alami untuk batuk berdahak. Cara membuatnya sangat mudah, dengan merebus 2-3 daun kemangi dan putih 1-2 gelas air. Ramuan ramuan ini tetap hangat sehingga tenggorokan terasa lebih lapang dan batuk berdahak sehingga tidak akan segera sembuh.

Madu dan lada putih

Mungkin kombinasi keduanya cukup unik dan Anda mungkin jarang mencobanya, namun kombinasi lada putih yang dicampur dengan madu sudah digunakan oleh Indonesia karena masyarakat pertama merupakan salah satu cara untuk menghilangkan batuk berdahak secara alami dan cepat.

Air hangat putih

Cara ini mungkin yang paling mudah. Bila Anda mulai merasa bahwa dahak yang ada di tenggorokan sangat sulit dikeluarkan, konsumsi atau setidaknya berkumurlah dengan air putih hangat sehingga dahak lebih lancar keluar dari kerongkongan.

Selain cara tradisional 8 diatas, ada beberapa tips penting agar dahak batuk jadi cepat sembuh:

Selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi, sikat gigi secara teratur setelah makan dan sebelum tidur, ini akan mempermudah dahak keluar dan membantu mengurangi kuman penyebab batuk.

Hindari minum air dingin, selalu menjaga kondisi tubuh Anda selalu hangat.

Hindari mengonsumsi gorengan, makanan yang mengandung MSG, sekaligus mengurangi konsumsi gula.

Jaga agar kondisi tubuh Anda tidak terlalu merosot karena aktivitas yang berlebihan.

Cara mengobati batuk berdahak jadi pada anak secara alami

Meski ramuan ramuan tradisional yang terakhir diizinkan dikonsumsi oleh anak-anak, namun anak-anak tidak akan langsung menyukai cita rasa ramuan alami. Anak-anak terkadang lebih memilih obat dari apotek yang rasanya lebih enak dan bervariasi, mulai dari rasa stroberi, melon, apel, dan sebagainya.

Secara umum anak-anak lebih menyukai ramuan lemon, belimbing wuluh dan air hangat. Mungkin ini karena rasanya tidak terlalu ekstrim dan tetap milik orang baik. Untuk anak usia 7-11 bulan memberi obat 4×1 sendok teh per hari, anak usia 1-2 tahun 4 × 1 sendok makan, sedangkan anak usia 3-5 tahun 4×1 dan setengah sendok makan setiap hari.

Selain itu madu juga sangat disukai oleh anak-anak karena rasanya manis, beri 1/2 sdt madu untuk anak usia 2 sampai 5 tahun, dan 1 TSP untuk usia 6 sampai 11 tahun. Bisa juga ditambahkan sedikit air jeruk nipis jika si kecil mau. Bisa diminum beberapa kali sehari. Sehingga madu tidak rusak, nutrisi hanya diseduh dengan air hangat saja.

Dan yang tak kalah penting adalah selalu menjaga kehangatan tubuh anak, berikan sweater dan jauhkan diri dari hawa dingin. Kemudian obat gosok juga cukup membantu meredakan batuk anak, oleskan di dada, punggung, dan leher. Selain bisa memberikan kehangatan, aroma obat gosok akan bisa meredakan tenggorokan.

Meskipun obat batuk ini terbilang sudah kuno dan tradisional namun dilihat dari bahannya sangat alami dan pada umumnya tidak menimbulkan efek samping, namun ada kalanya muncul efek samping pada orang tertentu, karena sebaiknya dicoba sedikit dulu untuk melihat apakah reaksi telah terjadi yang tidak diinginkan, seperti Sakit perut karena rasa asam atau lainnya. Demikian informasi tentang cara menghilangkan batuk berdahak sehingga pada orang dewasa dan anak-anak. Semua ini dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here